Search This Blog

30/06/2015

Contoh mahasiswa tak beretika dalam mengirim SMS kepada dosennya


Astaghfirullah, apa kalian juga seperti ini?


 

Apakah benar seperti itu cara mengirim pesan kepada dosen kita? Memangnya dosen itu teman sebaya kita? saat ini masalah moral dan etika di kalangan mahasiswa mulai banyak yang rusak. Dari contoh permasalahan diatas, kita tahu bahwa cara mengirim pesan mahasiswa tersebut terkesan kurang ajar. Mahasiswa seharusnya tahu cara mengirim pesan yang sopan. Mungkin sedikit saran saya kepada para mahasiswa tentang bagaimana cara mengirim pesan yang sopan kepada dosen :
  1. Jangan menggunakan singkatan seperti : yg, km, kpan.
  2. Gunakan bahasa yang sopan dan formal, seperti jika kita menuliskan kata "tidak" jangan ditulis dengan kata "nggak".
  3. Mengucapkan salam kepada dosen ketika memulai menuliskan pesan. Contohnya : Assalamualaikum Bu Ari, Selamat Pagi Pak Yanto.
  4. Sertakan nama lengkap, nim, dan prodi kita dalam mengirim pesan. Contohnya : Saya Imam Hasan NIM 140411100099.
  5. Ketika ingin menanyakan atau menyampaikan sesuatu kepada dosen kita, alangkah baiknya awali dengan kata "mohon maaf pak/bu".
  6. Mengucapkan terima kasih setelah mengirim pesan.
Berikut contoh lengkapnya :
" Assalamualaikum Pak Yanto, Saya Imam Hasan NIM 140411100099 dari prodi teknik informatika. Mohon maaf pak, apakah besok bapak ada di ruang dosen? karena saya ingin mengumpulkan tugas tambahan dari bapak. Terima kasih."

Marilah kita saling mengingatkan kepada orang lain jika ia melakukan kesalahan, jangan sampai kita terjerumus dalam kesesatan.















No comments:

Post a Comment