Search This Blog

18/07/2015

Bedanya mencontek dengan meniru


Hey kamu jangan mencontek! belajarlah yang rajin kalau ingin nilai ulangan kamu tinggi!. Begitulah kira kira disaat kita sedang ditegur sama ibu atau bapak guru. Para pelajar yang suka usil saat ulangan pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata "mencontek" ya kan?.

 Saatnya saya ingin memberikan pandapat mengenai mencontek. Menurut kamu apakah mencontek itu selalu memiliki nilai yang negatif? Apakah menurut kamu mencontek itu selalu buruk? menurut saya tidak.

Ada yang lebih buruk dari mencontek. Yaitu meniru. Bagaimana bisa ?
Kita bandingkan saja. Saat kita ulangan dan kita mencontek, otomatis kita sudah mempersiapkan contekan kita dari rumah. Saat membuat bahan contekan, kita pasti akan membaca tulisan yang akan dicontek. Dilihat dari sini berarti orang yang mencontek masih mau membaca buku. Masih mau belajar. Dan jika kita ingin mencontek langsung dari buku (nggak buat di kertas kecil), maka kita harus ingat halaman per materi dari yang akan dicontek.

Bandingkan dengan meniru. Jika orang tersebut sudah ada niatan untuk meniru, biasanya orang tersebut tidak akan belajar dari rumah. Orang itu tidak akan membuka buku meski hanya selembar.

Belum lagi masalah tingkat kesulitan. Mencontek levelnya jelas lebih tinggi. Orang yang mencontek harus pandai-pandai mencari celah agar lolos dari pengawasan guru. Harus dilakukan oleh orang yang benar-benar profesional. Bagaimana dengan meniru?. Tinggal tanya ke yang punya jawaban , dikasih. Gak sampai semenit sudah selesai.

Karena level mencontek lebih tinggi, maka resiko jika ketahuan juga tinggi. Jika kita ditegur saat menoleh tanya ke teman, kita bisa langsung pura pura serius, dan guru akan percaya. Bandingkan dengan mencontek, saat ketahuan menunduk membaca contekan, dan ketahuan pengawas , mungkin lembar jawaban kita akan dibelah menjadi dua jika kita tidak sempat menembunyikan barang bukti.

Lagipula, kita pasti lebih bangga saat lolos dari pengawasan saat mencontek, daripada lolos pengawasan saat kita meniru. Lolos pengawan saat meniru sih biasa. Justru kalau meniru itu ketahuan, berarti kurang profesional.

" Mencontek memang buruk! tapi lebih buruk lagi kalau kita meniru, karena meniru secara tidak langsung membunuh otak kita"


Mencontek sih boleh boleh aja, asal jangan keseringan. Buat apa sekolah kalau tiap ulangan juga menyontek. Menyontek kalau lagi dibutuhkan saja ya

Bagaimana pendapat kalian tentang mencontek ?

1 comment:

  1. Kalo konten ini mencontek apa meniru ??? heheheh kidding yaa

    ReplyDelete