Search This Blog

16/07/2015

Gaji dan resiko programmer

Dalam dunia Informatika, teknologi informasi merupakan jantung ilmu pengetahuan yang wajib untuk dipelajari.
Mau tidak mau jika kita telah terjun ke dunia informatika maka kita harus mampu memahami apa itu ilmu algoritma dan pemrograman. Kita harus paham bagaimana membuat sebuah program yang baik, cepat pengaksesannya, serta user friendly.
Untuk menjadi seorang programmer handal tentu saja kita harus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup. Tidak mengherankan jika programmer saat ini menjadi pekerjaan yang semakin naik daun. Ya, karena selama jam ini masih berputar dan selama dunia masih berjalan, maka kehidupan manusia akan semakin membutuhkan yang namanya teknologi informasi dan hal tersebut tidak bisa lepas dari peran seorang programmer.
Keuntungan programmer
Keuntungan menjadi seorang programmer bisa kita lihat dari segi finansial. Tak jarang banyak perusahaan-perusahaan bonafide yang bergerak di bidang IT yang menawarkan gaji yang sangat tinggi kepada seorang ahli programmer yang mampu memanfaatkan ilmu codingannya dengan baik. Adapun standar gaji rata-rata seorang programmer di Indonesia (sekitar 2007-2008, saat ini mungkin telah bertambah).
Analyst   Programmer      4 - 6 juta
IT Administrator              4 - 6 juta
Web Designer                  4 - 6,5 juta
DB Administrator            4 - 7 juta
System Programmer        6 - 10 juta
QA/Debugger                  7 - 11 juta
CRM Consultant             9 - 15 juta
Project Manager              10 - 17 juta
Resiko
Setiap pekerjaan tentu saja mengandung sebuah resiko. Resiko yang paling riskan dialami oleh seorang programmer yang memiliki jam terbang yang tinggi adalah masalah kesehatan. Tidak jarang seorang programmer bisa bekerja hingga berjam-berjam karena harus mengejar deadline yang mesti diselesaikan. Seorang programmer juga harus mampu bekerja di bawah tekanan sehingga harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Seperti contoh, seorang Mark Zuckerberg yang harus ngoding selama 36 jam hanya untuk menambahkan beberapa fitur facebook dan harus merasakan kegagalan berulang kali.

No comments:

Post a Comment